Langsung ke konten utama

Modul Ajar Kurikulum Merdeka Seni Rupa Kelas IV SD

 

MODUL AJAR

SENI RUPA

 

 

Disusun Oleh:

AINUL SUSANTI, S.Pd

FASE A KELAS 1



PENDIDIKAN PROFESI GURU

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG

NOVEMBER 2022





INFORMASI UMUM PERANGKAT AJAR

1.       Nama Penulis                    : Ainul Susanti, S.Pd

Instansi                              : SD Negeri Lowokwaru 3

Tahun                                 : 2022

2.       Jenjang Sekolah               :Sekolah Dasar

3.       Kelas                                 : 1 (satu)

4.       Alokasi Waktu                   : 2 PB

5.       Mata Pelajaran                  : Seni Rupa

6.       Jumlah Siswa                    : 23 Siswa

TUJUAN PEMBELAJARAN

·         Fase A

·         Elemen : Mengalami (experiencing)

·         Capaian Pembelajaran:

Pada akhir fase A, peserta didik mampu menciptakan karya dengan mengeksplorasi dan menggunakan elemen seni rupa berupa garis, bentuk dan warna.

·         Tujuan Pembelajaran:

Peserta didik mampu menganalisis elemen seni rupa berupa bentuk yang berulang.

·         Indikator Pencapaian Tujuan Pembelajaran:

a.       Peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk yang berulang dengan benar (C1)

b.      Peserta didik dapat menjelaskan bentuk yang berulang dengan benar (C2)

c.       Peserta didik dapat melengkapi bentuk bangun datar sesuai pola dengan benar (C3)

d.      Peserta didik dapat membandingkan bentuk bangun yang berulang sesuai pola dengan benar (C4)

e.       Peserta didik dapat membuat karya seni tempel bangun datar yang berulang sesuai pola dengan benar (P5)

·         Konsep Utama: Bentuk yang berulang, bangun datar yang berpola.

KOMPETENSI AWAL

           Peserta didik pada awalnya belum mengetahui pengertian bentuk yang berulang, setelah pembelajaran peserta didik dapat memahami pengertian bentuk yang berulang serta dapat menyusun bentuk bangun datar yang berulang sesuai pola. 

PROFIL PELAJAR PANCASILA

          Beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, Kreatif.

SARANA DAN PRASARANA

        Sarana : Rencana alat dan bahan untuk mendukung kelancaran kegiatan pembelajaran

-          Alat tulis

-          PPT

-          Lem

-          Kertas origami

-          Kertas HVS

Prasarana :

-          Laptop

-          Proyektor

-          LKPD

-          Buku Guru dan Siswa

-          Rubrik Penilaian

TARGET PESERTA DIDIK

Peseta didik regular, berpencapaian tinggi, dan rendah.

MODEL PEMBELAJARAN:

Projek Based Learning (PJBL)

METODE PEMBELAJARAN:

Tanya jawab, demonstrasi, diskusi, penugasan

MODA PEMBELAJARAN :

Luring/ Tatap Muka

KOMPONEN INTI

PEMAHAMAN BERMAKNA

            Pada bab ini, peserta didik akan belajar mengenai bentuk yang berulang, bentuk pola, bentuk motif, manfaat dan penerapan bentuk yang berulang dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik akan melakukan eksplorasi dalam bentuk menyusun bentuk bangun datar yang berulang dengan menggunakan kertas hvs dan origami.

 

PERTANYAAN PEMANTIK

1.       Apa yang kalian ketahui tentang bentuk gambar ini ?

2.       Apa saja bentuk dari benda yang berulang ini ?

 

RENCANA ASESMEN

1.       Asesmen formatif kelompok (LKPD dan Evaluasi)

URUTAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PERTEMUAN KE-1

Kegiatan Awal

1.       Peserta didik dan guru berdoa bersama, menyanyikan lagu wajib nasional dan pembacaan teks Pancasila

2.       Guru membuka pembelajaran dengan salam

3.       Guru melaksanakan presensi kehadiran

4.       Guru memberikan pertanyaan pemantik

a. Apa yang kalian ketahui tentang bentuk gambar ini ?

b. Apa saja bentuk dari benda yang berulang ini ?

5.      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai

Kegiatan inti

1.       Menentukan pertanyaan atau masalah utama

a.       Guru memberikan pertanyaan secara lisan untuk mengetahui pemahaman materi peserta didik yang akan dipelajari. “Anak-anak bentuk dari matahari itu apa sih ?, selain matahari benda apa saja sih yang bentuknya lingkaran?”

b.      Peserta didik merespon dengan memberikan jawaban terkait apa yang ditanyakan guru

c.       Guru merespon jawaban peserta didik, “Nah ternyata selain matahari yang bentuknya lingkaran, juga ada loh bentuk-bentuk lainnya misalnya, bentuk buku tulis kalian apa bentuk buku tulis kalian ?, selain buku tulis benda apa lagi yang bentuknya persegi ?”

d.      Peserta didik merespon dengan memberikan jawaban terkait apa yang ditanyakan guru

e.       Guru merespon jawaban peserta didik, “Nah ternyata selain buku tulis yang bentuknya persegi ada juga bentuk yang lainnya, apakah kaliah tahu ? apa bentuk dari potongan semangka ?selain potongan semangka yang bentuknya segitiga apalagi ya kira-kira ?”

f.        Peserta didik merespon dengan memberikan jawaban terkait apa yang ditanyakan guru

g.       Guru merespon jawaban peserta didik, “Jadi dari benda benda tadi yang memiliki bentuk lingkaran, persegi dan segitiga itu adalah bentuk bangun datar ya, sebelum kita mengetahui bentuk-bentuk pola bangun datar kita perlu tahu dulu tentang bentuk yang berulang”

h.      Peseta didik diminta untuk mengamati gambar/video tentang bentuk yang berulang   (TPACK) https://www.youtube.com/watch?v=PeguRZlMzOk

i.         Peserta didik mengamati demonstrasi tentang definisi bentuk yang berulang menjadi pola.

2.       Merencanakan proyek

a.       Guru membantu siswa mempersiapkan alat dan bahan

Alat dan bahan yang harus dipersiapkan adalah kertas HVS, origami berwarna dan lem

b.      Setiap peserta didik menerima LKPD dari guru yang berisi langkah-langkah mengerjakan proyek

3.       Membuat jadwal penyelesaian proyek

a. Guru dan peserta didik berkolaborasi menyusun aktivitas dalam menyelesaikan proyek

b. Guru memberikan arahan kepada peserta didik untuk mengerjakan proyek

Kegiatan Akhir

1.       Peserta didik bersama guru menyimpulkan kembali hasil pembelajaran secara keseluruhan

2.       Guru memberikan soal evaluasi dan peserta didik mengerjakan lembar evaluasi

3.       Peserta didik menyimak informasi dari guru untuk pembelajaran berikutnya

4.       Guru memberi salam penutup.

Kegiatan Awal

1.       Peserta didik dan guru berdoa bersama, menyanyikan lagu wajib nasional dan pembacaan teks Pancasila

2.       Guru melaksanakan presensi kehadiran

3.       Guru memberikan pertanyaan pemantik

a. Apa yang kalian ketahui tentang bentuk gambar ini ?

b. Apa saja bentuk dari benda yang berulang ini ?

4.      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai

URUTAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PERTEMUAN KE-2

4.       Memonitor kemajuan penyelesaian proyek

a.       Guru memberikan arahan dan mengingatkan peserta didik dalam mengerjakan proyek

b.      Peserta didik mulai melaksanakan proyek sesuai dengan petunjuk LKPD

c.       Guru melakukan monitoring dan melakukan penilaian terkait pengerjaan proyek

5.       Mempresentasikan dan menguji hasil penyelesaian proyek

a.       Peserta didik diminta untuk maju kedepan mempresentasikan hasil proyeknya

b.      Guru melakukan penilaian terkait penyelesaian proyek

c.       Peserta didik bersama guru menyimpulkan hasil diskusi

6.       Mengevaluasi dan refleksi proses dan hasil proyek

Guru dan peserta didik melakukan refleksi terhadap aktivitas dan hasil proyek yang sudah dijalankan.

Kegiatan Akhir

1.       Peserta didik bersama guru menyimpulkan kembali hasil pembelajaran secara keseluruhan

2.       Guru memberikan soal evaluasi dan peserta didik mengerjakan lembar evaluasi

3.       Peserta didik menyimak informasi dari guru untuk pembelajaran berikutnya

4.       Guru memberi salam penutup.

REFLEKSI PESERTA DIDIK DAN PENDIDIK

PESERTA DIDIK :

1.       Kegiatan apa yang paling kamu sukai selama pembelajaran hari ini ?

2.       Apa yang membuatmu faham tentang materi hari ini ?

PENDIDIK :

1.       Bagaimana antusiasme siswa dalam pembelajaran hari ini ?

2.       Dalam kegiatan apa siswa banyak yang mengalami kesulitan ?

3.       Apakah pembelajaran hari ini sudah bisa menumbuhkan profil pelajar Pancasila aspek bernalar kritis dan kreatif ?

4.       Apa yang perlu diperbaiki untuk pembelajaran hari ini ?

LAMPIRAN-LAMPIRAN

1.       Bahan Bacaan Pendidik

2.       Lembar Asesmen Evaluasi

3.       Lembar LKPD

4.       Media pembelajaran

PENGAYAAN DAN REMEDIAL

Pengayaan diberikan kepada peserta didik yang telah menguasai materi pelajaran untuk mempersiapkan materi selanjuutnya, sementara remedial diberikan kepada peserta didik yang belum menguasai materi dengan memberikan dampingan dan tugas mandiri di rumah dengan bimbingan orang tua dan dipantau guru.

BAHAN BACAAN PENDIDIK

Terlampir

BAHAN BACAAN PESERTA DIDIK

Seni Rupa Buku Siswa Untuk Kelas 1 SD

MEDIA PEMBELAJARAN

Terlampir

GLOSARIUM

Bentuk berulang adalah bentuk yang disusun berurutan dan berulang-ulang hingga membentuk suatu pola.

Pola adalah bentuk atau model yang memiliki keteraturan, baik dalam desain maupun gagasan abstrak.

Motif adalah bentuk dasar hiasan yang umumnya diulang-ulang sehingga menjadi pola dalam suatu karya keseniam.

Bangun datar adalah himpunan titik-titik yang keseluruhannya terletak dalam satu bidang.

DAFTAR PUSTAKA

https://www.youtube.com/watch?v=PeguRZlMzOk

https://www.youtube.com/watch?v=p1oPgY9sPOM

https://www.youtube.com/watch?v=-px27i-QVbE&t=561s

Raindriati, Rizki dan Dewi Miranti. (2021). Buku Panduan Guru Seni Rupa. Jakarta. Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

 

 














Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aku

 Si aku terlahir dengan kondisi keluarga yang kurang kaya. Tapi beruntungnya ia bisa menikmati jenjang pendidikan sejajar dengan mereka yang hidup digedung mewah. Mulai dari tingkat menengah pertama sampai dengan tingkat sarjana. Dan dengan penuh perjuangan ia bisa tamat dengan gelar S.Pd, sengsara sekali hidupnya berawal tak punya kendaraan bermotor hingga sekarang punya dua kendaraan bermotor, yaa meskipun dibilang bekas tapi juga punya kualitas yang berkelas. Ia tidak pernah peduli omongan orang sekitar yang mencaci maki proses perjalanannya. Ia hanya bertekad "suatu saat kalian akan terhina oleh ucapan yang kalian lontarkan, aku akan sukses kelak sesuai doa cacian yang kalian utarakan semasa aku berjuang" ucapnya setiap saat Semasa menimba ilmu si aku tidak pernah kenal lelah hingga banting tulang membantu sang keluarga bekerja di pabrik roti milik om nya. Pagi siang malam pun ia jarang sekali berhenti beristirahat meskipun begitu untungnya ia tidak menjadi mahasiswa kupu...