MODUL AJAR
SENI RUPA
Disusun Oleh:
AINUL
SUSANTI, S.Pd
FASE A KELAS
1
PENDIDIKAN
PROFESI GURU
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH MALANG
NOVEMBER
2022
INFORMASI UMUM
PERANGKAT AJAR |
1.
Nama
Penulis : Ainul
Susanti, S.Pd Instansi :
SD Negeri Lowokwaru 3 Tahun
:
2022 2.
Jenjang
Sekolah :Sekolah Dasar 3.
Kelas : 1 (satu) 4.
Alokasi
Waktu : 2 PB
5.
Mata Pelajaran : Seni Rupa 6.
Jumlah Siswa : 23 Siswa |
TUJUAN PEMBELAJARAN |
·
Fase A ·
Elemen : Mengalami (experiencing) ·
Capaian Pembelajaran: Pada akhir fase A,
peserta didik mampu menciptakan karya dengan mengeksplorasi dan menggunakan
elemen seni rupa berupa garis, bentuk dan warna. ·
Tujuan Pembelajaran: Peserta didik mampu menganalisis elemen
seni rupa berupa bentuk yang berulang. ·
Indikator Pencapaian Tujuan Pembelajaran: a.
Peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk yang
berulang dengan benar (C1) b.
Peserta didik dapat menjelaskan bentuk yang berulang
dengan benar (C2) c.
Peserta didik dapat melengkapi bentuk bangun datar
sesuai pola dengan benar (C3) d.
Peserta didik dapat membandingkan bentuk bangun yang
berulang sesuai pola dengan benar (C4) e.
Peserta didik dapat membuat karya seni tempel bangun
datar yang berulang sesuai pola dengan benar (P5) ·
Konsep Utama: Bentuk yang berulang, bangun datar
yang berpola. |
KOMPETENSI AWAL
|
Peserta didik pada awalnya belum mengetahui pengertian bentuk yang berulang, setelah pembelajaran peserta didik dapat memahami pengertian bentuk yang berulang serta dapat menyusun bentuk bangun datar yang berulang sesuai pola. |
PROFIL PELAJAR
PANCASILA |
Beriman,
bertaqwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, Kreatif. |
SARANA DAN
PRASARANA |
Sarana : Rencana
alat dan bahan untuk mendukung kelancaran kegiatan pembelajaran -
Alat tulis -
PPT -
Lem -
Kertas origami -
Kertas HVS Prasarana : -
Laptop -
Proyektor -
LKPD -
Buku Guru dan Siswa -
Rubrik Penilaian |
TARGET PESERTA
DIDIK |
Peseta didik regular, berpencapaian
tinggi, dan rendah. |
MODEL
PEMBELAJARAN: |
Projek Based Learning (PJBL) |
METODE PEMBELAJARAN:
|
Tanya jawab, demonstrasi, diskusi, penugasan |
MODA
PEMBELAJARAN : |
Luring/ Tatap Muka |
KOMPONEN INTI |
PEMAHAMAN
BERMAKNA |
Pada bab ini, peserta
didik akan belajar mengenai bentuk yang berulang, bentuk pola, bentuk motif,
manfaat dan penerapan bentuk yang berulang dalam kehidupan sehari-hari.
Peserta didik akan melakukan eksplorasi dalam bentuk menyusun
bentuk bangun datar yang berulang dengan menggunakan kertas hvs dan origami.
|
PERTANYAAN
PEMANTIK |
1.
Apa
yang kalian ketahui tentang bentuk gambar ini ? 2.
Apa saja bentuk dari benda yang berulang ini ?
|
RENCANA ASESMEN |
1.
Asesmen formatif kelompok (LKPD dan Evaluasi) |
URUTAN KEGIATAN
PEMBELAJARAN PERTEMUAN KE-1 |
Kegiatan Awal |
1.
Peserta didik dan guru berdoa
bersama, menyanyikan lagu wajib nasional dan pembacaan teks Pancasila 2.
Guru membuka pembelajaran dengan salam 3.
Guru melaksanakan presensi kehadiran 4.
Guru memberikan pertanyaan pemantik a. Apa
yang kalian ketahui tentang bentuk gambar ini ? b. Apa saja bentuk dari benda yang
berulang ini ? 5. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai |
Kegiatan inti |
1.
Menentukan pertanyaan atau masalah utama a.
Guru memberikan pertanyaan secara lisan untuk
mengetahui pemahaman materi peserta didik yang akan dipelajari. “Anak-anak bentuk
dari matahari itu apa sih ?, selain matahari benda apa saja sih yang
bentuknya lingkaran?” b.
Peserta didik merespon dengan memberikan jawaban
terkait apa yang ditanyakan guru c.
Guru merespon jawaban peserta didik, “Nah ternyata
selain matahari yang bentuknya lingkaran, juga ada loh bentuk-bentuk lainnya
misalnya, bentuk buku tulis kalian apa bentuk buku tulis kalian ?, selain
buku tulis benda apa lagi yang bentuknya persegi ?” d.
Peserta didik merespon dengan memberikan jawaban
terkait apa yang ditanyakan guru e.
Guru merespon jawaban peserta didik, “Nah ternyata
selain buku tulis yang bentuknya persegi ada juga bentuk yang lainnya, apakah
kaliah tahu ? apa bentuk dari potongan semangka ?selain potongan semangka yang
bentuknya segitiga apalagi ya kira-kira ?” f.
Peserta didik merespon dengan memberikan jawaban
terkait apa yang ditanyakan guru g.
Guru merespon jawaban peserta didik, “Jadi dari
benda benda tadi yang memiliki bentuk lingkaran, persegi dan segitiga itu
adalah bentuk bangun datar ya, sebelum kita mengetahui bentuk-bentuk pola
bangun datar kita perlu tahu dulu tentang bentuk yang berulang” h.
Peseta didik diminta untuk mengamati gambar/video
tentang bentuk yang berulang (TPACK) https://www.youtube.com/watch?v=PeguRZlMzOk i.
Peserta didik mengamati demonstrasi tentang definisi
bentuk yang berulang menjadi pola. 2.
Merencanakan proyek a.
Guru membantu siswa mempersiapkan alat dan bahan Alat dan bahan yang harus dipersiapkan adalah kertas
HVS, origami berwarna dan lem b.
Setiap peserta didik menerima LKPD dari guru yang
berisi langkah-langkah mengerjakan proyek 3.
Membuat jadwal penyelesaian proyek a. Guru dan peserta didik berkolaborasi menyusun
aktivitas dalam menyelesaikan proyek b. Guru memberikan arahan kepada peserta didik untuk
mengerjakan proyek |
Kegiatan Akhir |
1.
Peserta didik bersama guru menyimpulkan kembali
hasil pembelajaran secara keseluruhan 2.
Guru memberikan soal evaluasi dan peserta didik
mengerjakan lembar evaluasi 3.
Peserta didik menyimak informasi dari guru untuk
pembelajaran berikutnya 4.
Guru memberi salam penutup. |
Kegiatan Awal |
1.
Peserta didik dan guru berdoa
bersama, menyanyikan lagu wajib nasional dan pembacaan teks Pancasila 2.
Guru melaksanakan presensi kehadiran 3.
Guru memberikan pertanyaan pemantik a. Apa
yang kalian ketahui tentang bentuk gambar ini ? b. Apa saja bentuk dari benda yang
berulang ini ? 4. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai |
URUTAN KEGIATAN
PEMBELAJARAN PERTEMUAN KE-2 |
4.
Memonitor kemajuan penyelesaian proyek a.
Guru memberikan arahan dan mengingatkan peserta
didik dalam mengerjakan proyek b.
Peserta didik mulai melaksanakan proyek sesuai
dengan petunjuk LKPD c.
Guru melakukan monitoring dan melakukan penilaian
terkait pengerjaan proyek 5.
Mempresentasikan dan menguji hasil penyelesaian
proyek a.
Peserta didik diminta untuk maju kedepan
mempresentasikan hasil proyeknya b.
Guru melakukan penilaian terkait penyelesaian proyek c.
Peserta didik bersama guru menyimpulkan hasil
diskusi 6.
Mengevaluasi dan refleksi proses dan hasil proyek Guru dan peserta
didik melakukan refleksi terhadap aktivitas dan hasil proyek yang sudah
dijalankan. |
Kegiatan Akhir |
1.
Peserta didik bersama guru menyimpulkan kembali
hasil pembelajaran secara keseluruhan 2.
Guru memberikan soal evaluasi dan peserta didik mengerjakan
lembar evaluasi 3.
Peserta didik menyimak informasi dari guru untuk
pembelajaran berikutnya 4.
Guru memberi salam penutup. |
REFLEKSI PESERTA
DIDIK DAN PENDIDIK |
PESERTA DIDIK : 1.
Kegiatan apa yang paling kamu sukai selama
pembelajaran hari ini ? 2.
Apa yang membuatmu faham tentang materi hari ini ? |
PENDIDIK : 1.
Bagaimana antusiasme siswa dalam pembelajaran hari
ini ? 2.
Dalam kegiatan apa siswa banyak yang mengalami
kesulitan ? 3.
Apakah pembelajaran hari ini sudah bisa menumbuhkan
profil pelajar Pancasila aspek bernalar kritis dan kreatif ? 4.
Apa yang perlu diperbaiki untuk pembelajaran hari
ini ? |
LAMPIRAN-LAMPIRAN |
1.
Bahan Bacaan Pendidik 2.
Lembar Asesmen Evaluasi 3.
Lembar LKPD 4.
Media pembelajaran |
PENGAYAAN DAN
REMEDIAL |
Pengayaan diberikan kepada
peserta didik yang telah menguasai materi pelajaran untuk mempersiapkan
materi selanjuutnya, sementara remedial diberikan kepada peserta didik yang
belum menguasai materi dengan memberikan dampingan dan tugas mandiri di rumah
dengan bimbingan orang tua dan dipantau guru. |
BAHAN BACAAN
PENDIDIK |
Terlampir |
BAHAN BACAAN
PESERTA DIDIK |
Seni Rupa Buku Siswa
Untuk Kelas 1 SD |
MEDIA
PEMBELAJARAN |
Terlampir |
GLOSARIUM |
Bentuk berulang
adalah bentuk yang disusun berurutan dan berulang-ulang hingga membentuk
suatu pola. Pola adalah bentuk
atau model yang memiliki keteraturan, baik dalam desain maupun gagasan
abstrak. Motif adalah bentuk
dasar hiasan yang umumnya diulang-ulang sehingga menjadi pola dalam suatu
karya keseniam. Bangun datar adalah
himpunan titik-titik yang keseluruhannya terletak dalam satu bidang. |
DAFTAR PUSTAKA |
https://www.youtube.com/watch?v=PeguRZlMzOk https://www.youtube.com/watch?v=p1oPgY9sPOM https://www.youtube.com/watch?v=-px27i-QVbE&t=561s Raindriati, Rizki dan
Dewi Miranti. (2021). Buku Panduan Guru Seni Rupa. Jakarta. Pusat
Kurikulum dan Perbukuan.
|
Komentar
Posting Komentar